Kenyataan Bukit Sekapuk Gresik



Tanpa ada planing, 2 hari yang lalu saya berkunjung ke bukit sekapuk, Iseng-iseng saja setelah melihat display picture BBM kawan saya. Segera saya browsing untuk mencari informasi letak lokasinya, biar nggak nyasar, tapi nyatanya nyasar juga ke kandang orang.

[caption id="attachment_498" align="aligncenter" width="640"]P_20150419_083037 Bukit Kapur Sekapuk[/caption]

Antara miris dan kagum, begitulah rasanya melihat sederet bukit di desa Sekapuk, Ujung pangkah, kabupaten Gresik. Mirisnya, mungkin 100-200 tahun lagi bukit ini hanya akan jadi tanah datar berkapur yang habis terjual, dan anak cucu hanya bisa melihatnya melelaui bingkai foto. Kagumnya, tidak munafik juga, bukit yang terpotong-potong membentuk ruang dan lorong-lorong itu terlihat sangat menawan meskipun ini bukan tempat wisata. Menurut warga Desa sekapuk, kegiatan penambangan ini dilakukan sejak tahun 1.950 an hingga sekarang.

Untuk menuju bukit ini dari kota gresik kira-kira berjarak kurang lebih 40 km, memakan waktu 1 jam. Sampai Kecamatan Ujungpangkah, lalu masuk ke desa Sekapuk dengan ditandai adanya Masjid Muhamadiyah dikiri jalan depan gapura gang. Setelah masuk desa Sekapuk, lurus saja kira-kira 2,5 Km nanti akan menemui bukit-bukit dikiri jalan.
Akses masuk ke pertambangan bisa dilalui kendaraan roda empat, namun akan dikenakan biaya portal sebesar Rp 100.000. Cukup mahal kan, saya sarankan naik motor saja. Info yang saya dapatkan dari pemilik warung yang ada di desa sekapuk, Gratis.

Jika naik motor lewatlah sebuah jalan kecil sesudah gang masuk desa Cangaan. Sekitar 200 m dari kebun mangga, belok ke kiri, jalur berupa tanah liat merah arah kesawah, kemudian ikuti jalur yang menyempit belok kanan, nanti akan tiba dibelakang warung lokasi pertambangan. Tidak ada tempat parkir kendaraan dilokasi pertambangan batu kapur sekapuk.

P_20150419_083157

P_20150419_080928

Komentar

  1. Hai Riski

    Sebetulnya tempat ini bukan wisata sih, tapi akhir-akhir ini banyak yang mengunjunginya karena tempatnya yang lumayan nyegerin mata :D. Disini umumnya dipakai untuk foto preewed aja. Kalau untuk destinasi wisata, di pulau Bawean lah primadonanya. Tapi masih nyebrang lagi sekitar 3-4 jam dari pelabuhan Gresik

    BalasHapus

Posting Komentar