Main Sebentar ke Goa Gajah dan Hutan Pinus Imogiri

Perjalanan kali ini adalah sesudah saya mengunjungi wisata kebun buah mangunan Imogiri. Menurut info dari bapak penjual pentol colek di wisata mangunan, dekat sini terdapat goa yang masih sangat sepi pengunjung dan masih alami. Namanya Goa Gajah, untuk masuk ke dalam goa tersebut harus memakai jasa guide warga setempat. Dan bapak penjual pentol tersebut tidak berjanji akankah ada warga yang mau mengantarkan saya ketika bukan hari libur seperti sekarang.

Tanpa pikir panjang saya pun segera mendatangai lokasi. Dengan bertaruh adakah yang sudi mengantarkan saya ketika nanti ingin masuk ke goa.

Tidak jauh dari kebun buah mangunan, kurang lebih 10 menit saja saya sudah sampai di pelataran goa. Letaknya di ujung Dusun Lemahbang, Desa mangunan dengan kondisi jalan yang sempit dan rusak. Suasana sepi senyap, tak ada satupun orang disini. Sebatang nikotin saya bakar untuk menemani sekaligus mengusir banyaknya nyamuk yang terus mendengung di telinga.

Kemudian ibu separuh baya menghampiri saya dengan membawa buku dan alat tulis, batin saya, mungkin buku daftar tamu. Beliau bertanya apakah saya ingin masuk, karena kebetulan hari ini pak guide sedang ke sawah, kalau mau masuk goa lebih baik hari minggu saja biar sekalian barengan orang banyak.

Biasanya kalau hari minggu saja ada pengunjung, ujar ibu paruh baya.

[caption id="attachment_449" align="aligncenter" width="640"]Goa Gajah Goa Gajah[/caption]

"Lebih baik hari libur saja jika ingin ke Goa Gajah"

Saya semakin penasaran saja di buatnya. Kata beliau, di dalam ada batu yang menyerupai gajah, maka dari itu di namai Goa Gajah. Menurut warga, perkiraan dalamnya goa gajah ini 200 meter, namun belum ada yang memastikan asumsi tersebut. Di dalam tidak ada lampu penerangan, jadi setiap pengunjung harus membawa senter.

Di ujung goa terdapat sebuah pohon besar dan tinggi menjulang hingga ke luar goa, sehingga menyerupai hutan mini di dalam goa. Ahh, sayang sekali saya hanya bisa mengintipnya dari luar saja. Untuk tiket masuk dan parkir kendaraan masih gratis, hanya sumbangan sukarela. Setelah sedikit ngobrol tentang Goa Gajah dengan ibu paruh baya ini, saya pun berpamitan dan berjanji kepada beliau untuk berkunjung lagi jika saya main ke jogja.

Tujuan saya selanjutnya akan menuju hutan pinus imogiri. Hutan pinus ini letaknya tidak jauh dari Goa Gajah, tinggal kembali ke arah pulang kebun buah mangunan. Ketika sudah sampai di pertigaan setelah wisata kebun buah, tinggal belok kanan saja. Di situ sudah ada petunjuk arah menuju hutan pinus. Jarak tempuh dari Goa Gajah hanya 15 menit. Tiket masuk ke hutan pinus masih gratis, cuma bayar parkir Rp 3.000.

Tempatnya cocok juga buat camping ceria dan pasang hammock buat tiduran kala siang. Yang lagi mau preewed bisa juga merapat kesini, pas buat backgroundnya kayak di luar negeri. Hahaha, padahal yang nulis nggak pernah keluar negeri.

[caption id="attachment_450" align="aligncenter" width="640"]Hutan Pinus Imogiri Hutan Pinus Imogiri[/caption]

Komentar