9 pantai di Lombok yang wajib kamu kunjungi

Pulau Lombok mempunyai wisata pantai menarik  yang terus berkembang mulai dari sarana dan prasarananya. Tidak perlu lagi meragukan keindahanya. Selain indah, pantai yang khususnya di Kabupaten Lombok Tengah ini masih sangat bersih, alami dan tenang. Wisatawan yang mengunjunginya akan merasa pantai itu miliknya sendiri karena saking sepinya pengunjung, kecuali di hari libur.

Untuk mengunjungi 9 pantai yang tertulis di bawah ini, sebaiknya di mulai dari pantai Selong Belanak kemudian menuju ke arah barat sampai ke Pantai Kuta dan Tanjung Ann. Dengan menggunakan kendaraan pribadi, kita bisa mengambil rute ke arah Bandara Internasional Lombok atau arah Praya. Setelah sampai di perempatan Masjid Jami’ Penunjak, berbeloklah ke arah selatan sampai menemukan pantai. Sudah banyak penunjuk jalan untuk sampai ke Selong belanak.

Waktu yang dibutuhkan dari Mataram untuk menuju ke titik timur (Selong Belanak) dan ke titik barat (Tanjung Ann) kurang lebih 2 jam. Jarak antara pantai yang tertulis rata-rata 2 km. Cukup dekat kan? Jadi sebaiknya kita kunjungi semua 9 pantai tersebut.

Berikut ini 9 pantai di Lombok Tengah yang wajib di kunjungi.

Baca juga jalan-jalan murah ke Lombok, bisa!

  1. Pantai Selong Belanak


IMG_5550 (1)

Pantai yang satu ini cukup terkenal di kalangan backpacker dan traveller. Letaknya di Kecamatan Praya Barat, Desa Selong Belanak. Jika ingin menuju lokasi, dari Kota Mataram akan memakan waktu kurang lebih 2 jam. Pasir putih yang halus dan airnya yang jernih berwarna hijau ke biru-biruan di bibir pantai membuat para pengunjung akan betah berlama-lama. Harga tiket masuk Rp 5.000/orang dan biaya parkir motor Rp 3.000. Tentunya harga yang cukup murah untuk menikmati sajian panorama  yang indah di tepi pantai Selong Belanak.

  1. Pantai Mawi


IMG_5611

Jika anda hobi bermain surving, pantai Mawi ini cocok untuk anda kunjungi. Lokasinya tidak jauh dari pantai Selong belanak. Dari Selong belanak ambil saja ke arah barat, jarak tempuh sekitar 2 km. Selain ombaknya yang besar, pantai Mawi masih sangat bersih. Kebanyakan yang berkujung adalah wisatawan asing. Disini sudah tersedia warung-warung yang menjual makanan dan minuman. Akses untuk menuju bibir pantai masih agak susah, jalan yang dilalui berupa tanah makadam yang masih belum di aspal. Harga tiket masuk 10 ribu/motor, 20 ribu/mobil sudah include dengan tiket masuk pantai Semeti dan pantai Telawas.

  1. Pantai Semeti


IMG_5644

Letaknya berada di barat pantai Mawi. Sebelum menuju parkir kendaraan pantai Mawi, nanti akan bertemu 2 jalur bercabang, ambil yang ke kiri, kalau ke kanan ke pantai Mawi. Sekitar 500 meter, gubuk untuk memarkir kendaraan sudah terlihat. Anda bisa memarkir kendaraan disana dan segera menikmati panorama alamnya. Pantai Semeti mempunyai khas bebatuan yang terlihat eksotis. Bibir pantai berkarang di dalam air terlihat jelas dari kejauhan, karena air lautnya memang sangat jernih.

  1. Pantai Telawas


IMG_5692 - Copy

Anda pecinta fotografi Landscape? Cocok. Tempat yang satu ini akan memanjakan mata anda, dan anda tidak akan pernah bosan untuk memotret bebatuanya meskipun berulang kali. Letaknya di sebelah pantai semeti, hanya berjalan kaki 500 meter dari pantai Semeti. Atau anda bisa memarkir kendaraan di rumah warga di dekat pantai. Hati-hati jika ingin menaiki bukit batu-batuan pantai Telawas, ombak dan arus laut disini sangat besar.

  1. Pantai Mawun


20141227_081820

Letaknya di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut yang jaraknya sekitar 2 km dari pantai Mawi, Semeti, dan Telawas. Pantai Mawun memiliki pesona yang luar biasa indah untuk menjadi tempat berwisata. Garis pantainya berbentuk seperti bulan sabit, dengan dua bukit yang berada di sebelah Timur dan Barat. Harga tiket masuk Rp 5.000.

  1. Pantai Argoling


Pantai argoling

Letaknya bersebalahan dengan pantai Mawun. Jarak dari pantai Mawun sekitar 1 km ke arah barat. Pantai Argoling mempunyai garis pantai yang membentang panjang. Untuk tiket masuk masih gratis, hanya membayar parkir kendaraan Rp 5.000 yang di kelola penduduk sekitar. Pantai argoling rencananya dalam waktu dekat ini akan didirikan hotel berbintang di atas perbukitan sebelah timur. Jika anda ingin bemalam, disini sudah tersedia penginapan / villa yang harganya berkisar antara Rp 250-400 ribu. Pantai argoling ini cocok untuk anda yang suka menikmati sunset di sore hari.

  1. Pantai Kuta


Pantai kuta

Mendengar pantai Kuta ini pasti banyak yang teringat salah satu pantai di pulau Bali. Meskipun pantai Kuta Bali lebih terkenal di banding pantai Kuta Lombok, namun pemandangan pesisir pantai disini tak kalah cantik. Pantai Kuta berada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut. Jarak tempuh dari kota Mataram sekitar 2 jam. Di ujung kanan dan kiri terlihat bukit yang menjulang indah. Pantai ini menjadi tujuan favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Sepanjang jalan pantai Kuta banyak stand pertokoan yang menjual souvenir, aneka jajanan untuk oleh-oleh. Di sekitar pantai juga banyak Hotel dan resort dengan harga yang bervariasi untuk anda yang ingin bermalam.

  1. Pantai Seger


IMG_5849 - Copy

Letaknya di barat pantai Kuta, berjarak kurang lebih 2 km. Pantai Seger ini mempunyai banyak spot untuk anda nikmati. Dari yang berkarang sampai yang berpasir. Di pantai Seger terdapat jembatan kayu dan di bawahnya nampak beberapa patung putri Mandalika. Jika laut sedang surut, dibawah jembatan akan terlihat hamparan pasir yang luas. Anda juga bisa trekking ke puncak bukitnya, menikmati panorama laut dari ketinggian. Harga tiket masuk ke pantai Seger Rp 5.000 permotor, Rp 10.000 permobil.

  1. Pantai Tanjung Ann


IMG_6010 - Copy

Letaknya bersebelahan dengan pantai Seger dan pantai Kuta. Jika kita berkunjung kemari, kita akan disambut oleh butiran pasir yang kelihatan bundar penuh seperti mutiara sebesar merica. Pantai ini sangat menarik sekali jika di lihat dari ketinggian. Kita bisa trekking ke Bukit Marese untuk melihat garis pantai Tanjung Ann. Bukit maresse adalah sebuah bukit yang sangat istimewa indahnya dengan hamparan padang rumput yang hijau, letaknya di ujung timur pantai tanjung Ann. Harga tiket masuk wisata Rp 5.000 ribu.

Tips berwisata ke pantai Lombok Tengah

  1. Usahakan tidak sendirian jika anda menuju lokasi dengan menggunakan motor, karena masih sepi dan rawan.

  2. Usahakan sebelum gelap anda sudah meninggalkan jalanan sepanjang pantai Lombok tengah. Seperti poin 1, masih rawan.

  3. Jangan sungkan bertanya kepada penduduk setempat jika anda bingung mencari jalan menuju lokasi pantai.


 

#Happy Travelling

 

Komentar

  1. Segerrr ahh... Pengen liat foto pantainya banyak2, pecinta pantai soalnya hahaa..
    Btw itu rawan kenapa mas? Rawan begal juga? Cewe backpackeran kesana rodo bahaya berarti??

    BalasHapus
  2. Yes! Betul.

    Rawan begal, terutama Tombok Tengah. Aku sering di wanti-wanti sama orang kalau lewat situ. Nggak boleh sampe gelap. Bahaya! :D

    BalasHapus
  3. Hampir semuanya sudah saya jelajahi. Keindahan pantainya tak tertandingi, mungkin Bali kalah menurut saya. Memang masih sangat kurang fasilitas penunjangnya, dan yang paling penting tentang keamanannya. Sedikit risih juga pas berinteraksi dengan penduduk sekitar, kurang nyaman, apalagi kalau berhadapan sama pedagang..aduh

    BalasHapus
  4. Bener mas..nomer satu memang keamananya. Saya selalu di wanti2 sama orang kalau lewat daerah sini jangan malam2. Rawan katanya. Semoga saja secepatnya hal ini di tanggapi serius, biar wisatawan juga tenang.

    BalasHapus
  5. numpang nanya mas... penyebrangan dr padang bay ke lombok, apa ombaknya besar? dgn waktu jarak tempuh yg lumayan lama, 4-5 jam. karna sy bawa anak-anak... paling kcl di bwh 3 thn... mohon infonya... thx...

    BalasHapus
  6. Halo mbak yeni...
    Untuk ombak tergantung cuaca, kalau untuk bulan2 ini sih kayaknya aman. Biasanya kalau ombak besar itu bulan 11-1.

    BalasHapus

Posting Komentar