Sawah Lodok Cancar, Mirip Jaring Laba-Laba!

Masih di Flores. Sepulang perjalanan dari Kampung Adat Waerebo, kali ini saya akan menunjukan spot keren di Ruteng. Sebenarnya ini bukan destinasi wisata sih, tapi lebih tepatnya adalah sawah. Meskipun cuma sawah, tapi kalian pasti akan takjub jika melihat jajaran sawah yang tidak biasa kamu temui di daerahmu. Bahkan ini adalah satu-satunya yang ada di dunia.

Nah, bisa lihat sendiri kan keunikanya. Sawah ini berada di Desa Cancar, Kota Ruteng, Nusa Tenggara Timur. Untuk sampai kesana, dibutuhkan waktu 30 menit ke arah barat dari Kota Ruteng. Jika sudah sampai pertigaan Cancar, kalian bisa menanyakan kepada penduduk. Semuanya pasti tahu kok. Atau perlihatkan saja foto sawah yang mirip jaring laba-laba ini.

IMG_5471

Setelah sampai di lokasi, kalian tinggal memarkir kendaraan dan membayar Rp 15.000 ribu kepada Mama Susana. Beliau adalah pengurus kas pemasukan retrebusi dari wisatawan. Selanjutnya kita harus berjalan naik ke atas bukit selama kurang lebih sepuluh menit. Sesampainya di atas kamu pasti akan tercengang melihatnya. Oh iya, sawah yang membentuk jaring laba-laba ini tidak hanya satu lho, banyak di samping kanan kirinya!

Kalian pasti heran, kok bisa berbentuk seperti itu? Apa mereka terinspirasi dengan Film Spiderman? Hahaha

Pertanyaan keren!

Berarti kita sehati :D

Setelah berbincang sebentar dengan Mama Susana, akhirnya saya mengetahui kenapa sawah di Cancar ini kok bentuknya mirip jaring laba-laba. Ternyata pembagian sawah seperti ini memang tradisi adat masyarakat setiap perkampungan di Kabupaten Manggarai. Pembagian ini di sebut dengan lingko. Lingko adalah tanah adat yang di kelola atau di miliki bersama dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat Manggarai. Jadi lebar kecilnya setiap petak di bagi menurut kedudukan seseorang dan banyaknya anggota keluarga. Tanpa disadari masyarakat, pembagian seperti ini membentuk sawah seperti jaring laba-laba jika di lihat dari atas bukit.

Nah, sekarang sudah tahu kan tentang sawah yang mirip jaring laba-laba ini. Kita tinggal mengunjunginya dan melihat secara langsung keunikan Sawah Cancar yang berada di Flores.

#Happy Travelling

Komentar

  1. wajib di datengin nih, bentar lagi ada planing overland Flores...
    ternyata pake bayar juga ya?

    BalasHapus

Posting Komentar