Site Loader

Siapa bilang ke Lombok mahal? Murah kok, asalkan kamu rela capek dan sedikit bersusah payah. Memang, Untuk mendapatkan sesuatu yang indah-indah kadang harus bersusah-susah dahulu, baru kemudian kamu akan takjub melihat istimewanya destinasi di Pulau Lombok.

Karena saya berdomisili di Surabaya, maka rencana dan rincian biaya perjalanan yang saya tulis ini akan di mulai dari Surabaya juga. Ada dua pilihan transportasi yang bisa kamu pilih nantinya. Baiklah, langsung saja di simak ya.

  • Transportasi Bus langsung Surabaya-Mataram

Perjalanan dari Surabaya ke Lombok dengan menggunakan bus biasanya butuh waktu kurang lebih 20 jam. Kita harus menuju Terminal Purabaya Bungurasih dulu. Carilah agen tiket bus jurusan Surabaya-Mataram keberangkatan sore. Beberapa Armada bus yang melayani tujuan Surabaya-Mataram adalah Titian Mas, Tiara Mas, dan Dunia Mas.

Harga di agen normalnya Rp 275.000 ribu sudah termasuk servis makan 2 kali dan tiket penyebrangan Kapal Veri Banyuwangi-Bali, Bali-Lombok. Tapi kenyataanya, Belum sempat mencari pasti kita sudah di serang para calo. Terserah kalau mau langsung beli ke calo juga tidak masalah, hitung-hitung latian bernegosiasi juga kan. Tapi saran saya mending langsung cari kondektur bus, biasanya akan dapat lebih murah lagi.

Yang penting pintar-pintar nego saja. Enaknya dari naik bus ini kita tidak perlu repot-repot oper transportasi lain. Cukup duduk manis dan tidur selama kurang lebih 20 jam kita sudah sampai di Mataram.

  • Transportasi Kereta api, Kapal Veri, Bus dan Engkel (Bemo)

Dari Surabaya kita ke stasiun Gubeng dulu, cari kereta tujuan Banyuwangi. Harga tiket kereta api ekonomi Surabaya-Banyuwangi sekitar Rp 60.000 ribu. Setelah sampai di Stasiun Banyuwangi Baru, kita tinggal jalan sekitar 5 menit untuk sampai Pelabuhan Ketapang. Kemudian membeli tiket penyebrangan Kapal Veri seharga Rp 7.500 ribu.

Saatnya berlayar mengarungi selat Jawa-Bali dengan estimasi waktu 45 menit. Sekarang kamu sudah sampai Bali, Tepatnya berada di Pelabuhan Gilimanuk. Setelah pemeriksaan KTP, di depan kamu pasti sudah banyak calo-calo yang menawarkan tiket bus ke Pelabuhan Padang Bai. Tawar semurah mungkin, tapi jangan kebangetan lah ya. Biasanya tarif normal bus Gilimanuk-Padang Bai seharga Rp 65.000 ribu dengan lama perjalanan 4-5 jam, kamu sudah sampai di ujung timur selatan Pulau Bali. Nah, sekarang langkah terakhir untuk kamu bisa menginjakan kaki di tanah Lombok.

Tiket Kapal Veri bisa kamu beli di loket pelabuhan, harganya Rp 45.000 ribu. Dari Pelabuhan Padang Bai kita akan menyebrangi lautan lagi selama kurang lebih 4-5 jam. Akhirnya sampai juga di Pulau Lombok, tepatnya berada di Pelabuhan Lembar. Setelah itu cari angkutan umum engkel atau mobil carter yang bisa mengantarmu ke Kota Mataram untuk mencari penginapan. Biasanya akan dikenakan tarif Rp 30.000-50.000 ribu, tawar semurah mungkin jika harga diatas itu.

  • Tempat Bermalam

Di Kota Mataram, banyak sekali hotel dan home stay yang harganya bervariasi. Saya rekomendasikan satu penginapan jika ingin bermalam, namanya penginapan “Wisma Nusantara”, berada di pusat Kota Mataram. Lebih tepatnya di jalan Beo No 10 s.d. 12 – Cakranegara. Hanya berjarak sekitar 500 meter dari Mataram Mall dan berada 50 meter di belakang SMPK Kesuma. harga mulai dari Rp 60.000 per malam. Harga yang cukup besahabat bukan? tempatnya juga lumayan bersih.
Sebenarnya ada juga Rumah Singgah para Backpacker, Gratis tidak di pungut biaya. Alamat Rumah Singgah ini ada di jalan Bangil V no.6 BTN Taman Baru, Mataram. Untuk info lebih lengkapnya bisa menghubungi para Host rumah singgah (Mas Yonk 085934524558) dan (Mas Iyus 081236263622). Jangan lupa ya, tetep sopan dan sadar kalau kita sedang menumpang.

  • Destinasi

Tiba saatnya kita menikmati pariwisata di pulau Lombok. Saya akan menunjukan satu tempat terkenal yang biasa di kunjungi wisatawan, yaitu Gili Trawangan. Untuk kesana kita bisa sewa motor di penginapan tempat kita bermalam, tarif sewa motor sehari Rp 60.000 ribu, dan misalnya kita menginap di Rumah Singgah, disana juga tersedia rental motor, tinggal cari info saja ke Hostnya. Dari Mataram ke Pelabuhan Bangsal akan memakan waktu kurang lebih 90 menit. Kemudian di lanjutkan naik publik boat  yang bertarif Rp 13.000 ribu sekali jalan. Sekarang kamu sudah berada di Gili Trawangan dan segeralah berkeliling pulau yang tidak berpolusi ini.
Jika ingin mengunjungi destinasi lain di Pulau Lombok dengan suasana yang masih sepi, tenang dan masih alami, silahkan lihat tempat-tempat menarik itu di halaman berikut ini.
Nah, itu tadi sedikit ulasan saya tentang kunjungan destinasi di Pulau Lombok dengan budget murah. Tidak lebih dari 1 juta kita sudah bisa puas menikmati panorama alamnya. Untuk harga makanan tidak usah khawatir, karena harga disana relatif murah sama seperti di Jawa. Akan lebih hemat lagi selama di sana makan nasi balap, nasi bungkus model kerucut ala Lombok. Nasi balap ini banyak tersedia di warung-warung pinggir jalan daerah Lombok. Harganya Rp 5.000, cukup nikmat untuk pengganjal perut. 😀

Rachel Dunn